Trigliserida Tinggi dan Cara Menurunkannya

 

 

Informasi tentang trigliserida tinggi dan cara menurunkannya sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko sakit jantung dan stroke. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kadar trigliserida seseorang maka orang tersebut semakin beresiko terkena serangan jantung atau stroke. Hal ini bisa terjadi karena trigliserida tinggi dapat menyebabkan pengerasan atau penebalan dinding arteri. Sedangkan untuk mengetahui kadar trigliserida harus dilakukan tes darah.

Pengertian Trigliserida

Trigliserida adalah ester dari gliserol dan tiga asam lemak. Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani. Rumus kimia trigliserida adalah CH2COOR-CHCOOR’-CH2-COOR”; di mana R, R’ dan R” masing-masing adalah sebuah rantai alkil yang panjang. Ketiga asam lemak RCOOH, R’COOH and R”COOH bisa jadi semuanya sama, semuanya berbeda ataupun hanya dua diantaranya yang sama. (Lihat: https://id.wikipedia.org/wiki/Trigliserida)

Baca juga   Herbal Asam Urat

Parameter Kadar Trigliserida

trigliserida tinggiKadar trigliserida yang sangat tinggi dapat menyebabkan pankreatitis akut, misalnya kadarnya sampai di atas 1.000 mg/dL. Di samping itu, trigliserida tinggi juga merupakan tanda adanya diabetes tipe 2, rendahnya kadar hormon tiroid serta gangguan fungsi hati atau ginjal.

Berikut ini adalah parameter kadar trigliserida seseorang:

  • < 150       = normal
  • 150-199   = cukup tinggi
  • 200-499   = tinggi
  • ≥ 500       = sangat tinggi

Gejala Trigliserida Tinggi

Untuk mengetahui cara menurunkan trigliserida maka kita harus mengetahui gejala trigliserida tinggi. Sebenarnya tidak ada gejala khusus seseorang yang menderita trigliserida tinggi. Akan tetapi kondisi tertentu penderita trigliserida tinggi akan mengalami pankreatitis yang ditandai dengan gejala nyeri di bagian perut, demam, mual, muntah, dan nafsu makan berkurang. Pada kondisi trigliserida tinggi lainnya gejala ditunjukkan dengan adanya penumpukan lemak di bawah lapisan kulit. Selebihnya gejala trigliserida tinggi secara akurat dapat diketahui melalui tes darah.

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida Tinggi

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menurunkan kadar trigliserida:

  • Berolahragalah secara teratur, setidaknya 3-4 jam/minggu
  • Mengendalikan berat badan hingga tercapai berat badan yang ideal.
  • Hindari konsumsi minuman keras karena kandungan kalori yang tinggi pada minuman keras akan sanga berpotensi meningkatkan kadar trigliserida.
  • Hindari rokok karena akrolein yang terkadung pada asap rokok akan meningkatkan kadar trigliserida.
  • Batasi konsumsi gula dan karbohidrat karena berpotensi meningkatkan kadar trigliserida.
  • Mengonsumsi lemak nabati, misalnya minyak kacang, minyak zaitun, dan minyak canola.
  • Batasi konsumsi daging merah, ganti dengan ikan.laut sebagai sumber protein hewani.
  • Turunkan asupan kalori, karena menurunkan asupan kalori juga berarti menurunkan kadar trigliserida.
Baca juga   Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image