Terapi Asam Urat Secara Alami

 

 

Terapi asam urat secara alami adalah salah satu terapi asam urat yang sangat disarankan. Terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang relatif lama, karena lebih aman dari efek samping kimiawi. Secara garis besar, terapi asam urat itu sendiri terbagi menjadi 2 (dua), yaitu terapi secara alami dan terapi secara kimiawi. Sebenarnya, masing-masing terapi tersebut mempunyai keebihan dan kekurangan. Untuk terapi secara kimiawi biasanya relatif lebih cepat dirasakan hasilnya, tetapi untuk jangka panjang kurang disarankan. Kekurangan terapi kimiawi adalah dalam jangka tubuh mengalami penumpukan zat-zat kimiawi yang terkadang membahayakan.

Baca juga   Obat-obatan Untuk Terapi Asam Urat Akut

Berikut ini adalah beberapa terapi asam urat secara alami yang biasa dilakukan oleh para penderita asam urat:

1. Terapi Asam Urat dengan Minyak Tanah dan Garam

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk terapi asam urat dengan minyak tanh dan garam adalah sebagai berikut:

  1. Minyak tanah
  2. Garam kasar
  3. Es batu

Masukkan minyak tanah ke dalam baskom yang besarnya kira-kira cukup untuk merendam kaki sebatas pergelangan. Masukkan ke dalam minyak tanah tersebut garam kasar dan es batu. CAmpurkan sampai merata, diamkan sekitar 10 menit. Kemudian masukkan kaki yang sakit karena asam urat ke dalam baskom berisi campuran, sambil injak-injak garam.

Jika dirasakan sakit karena asam urat sudah berkurang, kaki boleh diangkat kemudian cuci bersih dengan. sabun. Terapi ini boleh dilakukan beberapa kali dalam sehari dan relatif tidak menimbulkan efek samping.

2. Terapi Asam Urat dengan Air Hangat

Terapi dengan air hangat dalam kategori hidroterapi, yaitu terapi dengan menggunakan media air. Terapi ini secara umum sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan otot dan persendian. Terapi air hangat juga memberikan efek positif pada bagian yang sakit, meringankan pembengkakan dan peradangan karena asam urat.

Cara-cara melakukan terapi air hangat adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan air hangat dengan suhu sekitar 37-40⁰ C, masukkan ke dalam wadah yang cukup untuk merendam kaki.
  2. Masukkan kaki ke dalam wadah tersebut, hingga kaki sampai pergelangan kaki terendam. Lebih bagus jika sambil direndam kaki digerak-gerakkan untuk merangsang agar darah lebih cepat mengalir.
  3. Ganti air jika dirasa sudah mulai dingin.

Di samping dengan cara tersebut, terapi asam urat dengan air hangat bisa dilakukan dengan cara berendam di dalam kolam air hangat.

3. Terapi Asam Urat dengan Pijat Refleksi

terapi asam urat secara alamiPijat refleksi adalah salah satu terapi untuk penderita asam urat. Akan tetapi terapi dengan pijat refleksi ini kurang digemari karena pada saat terapi penderita akan merasakan sakit yang amat sangat. Namun jika terapi ini sudah mantap sebagai pilihan, dapat mendatangi ahli pijat refleksi untuk menghindari kasus “salah pijat” yang tidak diinginkan.

Demikianlah informasi tentang terapi asam urat secara alami.

2 thoughts on “Terapi Asam Urat Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image