Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

 

 

Sayuran untuk penderita asam urat yang aman dikonsumsi adalah jenis-jenis sayuran yang mengandung kadar purin rendah. Pemilihan jenis-jenis sayuran untuk penderita asam urat harus dilakukan secara cermat dan seksama agar tidak memperburuk dan mempercepat kembuhnya penyakit asam urat. Apabila kadar asam urat dalam tubuh sudah relatif tinggi dan kita mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi maka akan membuat kadar asam urat dalam tubuh menjadi semakin meningkat.

Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

sayuran untuk penderita asam uratAda banyak jenis sayuran untuk penderita asam urat dan aman dikonsumsi karena mengandung kadar purin yang rendah. Sayuran-sayuran itu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Brokoli. Brokoli sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat karena mengandung banyak sulfur, serat, asam amino, serta vitamin C yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat.
  2. Daun salam. Daun salam mampu memproduksi minyak essential yang berkhasiat mengatasi asam urat dan kolesterol.
  3. Tomat. Tomat mempunyai zat likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Tomat juga mempunyai kandungan kalium dan vitamin B6 yang relatif tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat di tubuh kita.
  4. Seledri. Biasanya seledri digunakan sebagai bahan tambahan masakan yang ternyata berkhasiat menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam darah.

Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Asam Urat

Berikut sayuran yang dilarang untuk penderita asam urat (sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150126133506-262-27394/sayuran-terlarang-bagi-penderita-asam-urat):

  1. Bayam dan asparagus. Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya bagi penderita asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena mengandung purin. Bayam dan asparagus memang mengandung purin, tetapi tidak menyebabkan kerusakan sebanyak purin dari produk daging karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan dari tubuh lebih mudah ketimbang produk hewani. Namun, jika Anda menderita asam urat, sebaiknya hindari bayam dan asparagus.
  2. Kembang kol. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Menurut AcuMedico, purin untuk kembang kol adalah 51 g per 100 g kembang kol.
  3. Kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga masuk daftar produk nabati yang tinggi purin dan harus dihindari penderita asam urat. Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin tertinggi, yakni 5-100 mg purin per 3,5 ons.
  4. Jamur. Jamur juga mengandung cukup tinggi purin dalam setiap porsi. Hal ini membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet rendah purin.
Baca juga   Pantangan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image