Perawatan Alami Asam Urat di Rumah

 

 

Gout atau penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis. Rasa sakit yang muncul ini disebabkan oleh penumpukan kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Kristal asam urat kemudian menumpuk di persendian, kemudian menyebabkan peradangan dan muncul rasa sakit pada persendian itu. Jika gout menyerang, sebelum pergi berobat ke dokter sebaiknya bisa dicoba perawatan alami asam urat berikut ini.

Baca juga: Resep Herbal: Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Beberapa Perawatan Alami Asam Urat

Buah Ceri

Jus ceri adalah obat rumahan yang sangat populer dan berpotensi berhasil mengatasi asam urat bagi banyak orang. Ceri juga dapat bekerja untuk mencegah serangan gout. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi 3 porsi dalam 2 hari sekali.

Suplemen Magnesium

Banyak pernyataan bahwa asam urat yang terjadi karena kekurangan magnesium dapat memperburuk stres inflamasi kronis dalam tubuh. Magnesium yang memadai dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. Ini hanya berlaku untuk pria tetapi tidak wanita. Mengkonsumsi suplemen magnesium sesuai anjuran atau makan makanan kaya magnesium setiap hari dapat mengurangi risiko gout serta mencegah terjadinya penyakit asam urat jangka panjang.

Jahe (Zingiber officinale)

Jahe mengurangi rasa sakit yang terkait dengan asam urat atau gout. Untuk pengobatan asam urat, jahe bisa digunakan untuk kompres atau dibuat minuman.

Ramuan Cuka Sari Apel, Air Lemon, dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk pengobatan gout. Campurkan air perasan lemon ke dalam air hangat, tambahkan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka sari apel. Minumlah 2 – 3 kali sehari.

Seledri (Apium graveolens)

Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri telah menjadi obat rumahan yang populer. Bagi penderita asam urat disarankan makan seledri beberapa kali sehari: seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji seledri.

Kompres Dingin atau Panas

Mengompres bagian sendi yang sakit dengan air dingin atau panas mungkin efektif untuk meredakan nyeri karena asam urat. Kompres dingin dan panas secara bergantian juga dapat membantu.

Apel

Buah apel direkomendasikan sebagai bagian dari diet mengurangi asam urat. Apel mengandung asam malat, yang berpotensi menurunkan kadar asam urat. Namun demikian juga harus diperhatikan bahwa apel juga mengandung fruktosa yang dapat memicu timbulnya asam urat. Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan serta untuk menurunkan asam urat.

Pisang

Buah pisang mengandung banyak kalium yang membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik serta baik untuk menurunkan asam urat.

Hindari Dehidrasi

Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat.

Demikianlah, banyak pilihan perawatan alami asam urat yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Namun demikian, jika rasa sakit gout datang tiba-tiba dan cukup parah sebaiknya segera hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image