Informasi Tentang Pengobatan Asam Urat

 

 

Pengobatan asam urat tidak bertujuan untuk meniadakan kadar asam urat di dalam tubuh pada titik nol, melainkan melakukan normalisasi kadar asam urat atau purin di dalam darah. Karena bagaimana pun juga keberdadaan purin tetap diperlukan di dalam tubuh manusia. Pada prinsipnya jangan biarkan purin menumpuk secara berlebihan di dalam tubuh. Kelebihan purin harus dikeluarkan oleh ginjal.

Pengobatan Asam Urat secara Tradisional

pengobatan asam urat | pengobatan tradisional asam urat

Pengobatan tradisional asam urat banyak ditemukan di internet yang biasanya dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang berkhasiat untuk pengobatan asam urat. Dewasa ini pengobatan tradisional asam urat mulai banyak diminati dan banyak dipilih karena pengaruh efek sampingnya yang minimal dibanding pengobatan secara kimiawi.

Berikut ini beberapa tanaman dan buah-buahan di sekitar kita yang berkhasiat untuk pengobatan asam urat secara tradisional:

  1. Pisang. Kandungan potassium (kalium) yang tinggi sehingga dapat mengubah kristal asam urat yang mengendap di persendian menjadi mudah dikeluarkan oleh tubuh. Disamping itu pisang juga kaya akan vitamin C yang sangat efektif mengurangi peradangan. Untuk menjaga kadar purin pada kondisi normal, cukup makan 1 – 2 buah pisang setiap hari.
  2. Jahe. Jahe banyak digunakan sebagi obat asam urat, khususnya pada peradangan sendi gout; karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Caranya adalah momotong jahe menjadi potongan kecil-kecil direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Air rebusan jahe tersebut diminum 2 kali sehari. Bisa juga menambahkan 2 sendok teh jahe bubuk pada satu gelas air mendidih, aduk sampai rata.
  3. Apel. Makan 1 (satu) buah apel sehari terbukti efektif menormalkan kadar asam urat di dalam tubuh. asam malat dalam apel akan membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan dengan demikian mengurangi rasa sakit asam urat dan peradangan.
  4. Daun sirsak. Pengobatan tradisional asam urat dengan menggunakan daun sirsak adalah dengan mengambil 6 – 10 lembar daun sirsak, cuci dengan air bersih yang mengalir untuk membuang kotoran yang menempel. Potong-potong daun sirsak tersebut kemudian rebus dengan 2 (dua) gelas air. Tunggu sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa 1 (satu) gelas; minum secara teratur 2 (dua) kali sehari.
Baca juga   Vitamin C untuk Asam Urat

Di samping yang tersebut di atas, masih sangat banyak tanaman-tanaman herbal yang berkhasiat untuk pengobatan asam urat.

Pengobatan Asam Urat secara Medis

Pada kondisi yang parah dan sangat parah, pengobatan medis asam urat harus dilakukan, biasanya dengan menggunakan obat-obat yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan tersebut biasanya bertujuan untuk meredakan nyeri dan peradangan; adalah kelompok obat anti-inflamasi non steroid (OAINS). Obat ini biasanya harus terus diminum selama rasa sakit akibat penyakit asam urat, hingga dua hari setelah serangan reda untuk mencegah kambuh.

Pada kasus penyakit asam urat yang parah yang tidak bisa diredakan dengan OAINS, dokter biasanya akan meresepkan kortikosteroid. Selain dalam bentuk tablet, obat ini juga bisa diberikan dokter dalam bentuk suntik untuk meredakan nyeri secara cepat.

Di samping penyembuhan, doter juga akan meresepkan obat-obatan untuk pencegahan. Beberapa obat yang dikenal efektif untuk mencegah penyakit asam urat adalah allopurinol dan probenecid. Allopurinol akan membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat enzim yang bertugas mengubah purin menjadi asam urat. Sedangkan probenecid akan menurunkan kadar asam urat dengan cara meningkatkan kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat melalui urine.

Sekali lagi, pada kondisi tertentu yang parah, pengobatan asam urat secara medis harus ditempuh.

One thought on “Informasi Tentang Pengobatan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image