Penggunaan Baking Soda untuk Asam Urat

 

 

Penggunaan baking soda untuk asam urat adalah salah satu cara tercepat untuk meredakan gejala asam urat. Baking soda telah terbukti melarutkan kristal asam urat, meningkatkan kelarutan asam urat untuk membuatnya lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Baking soda juga meningkatkan volume cairan tubuh yang membantu ginjal mengeluarkan kelebihan asam urat.

Baking soda, atau natrium bikarbonat; adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3.  Baking soda termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk karbon dioksida (CO2), yang menyebabkan roti menjadi mengembang. Baking soda, biasa disebut juga sebagai soda kue; merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk yang larut dalam air.

penggunaan baking soda untuk asam uratSerangan asam urat  itu sendiri disebabkan oleh kristal asam urat yang telah disimpan di bagian persendian. In disebabkan karena penderita memiliki asam urat tinggi dalam aliran darah. Jadi, selama serangan, harus menyingkirkan kristal dan mengeluarkan asam urat berlebih dari dalam tubuh.

Cara Penggunaan Baking Soda untuk Asam Urat

Cara penggunaan baking soda untuk asam urat adalah dengan menambahkan setengah sendok teh baking soda (soda bikarbonat) ke dalam 200 ml air minum dalam gelas, aduk hingga rata. Minumlah segelas untuk bangun tidur  di pagi hari, satu gelas sekitar dua jam sebelum atau sesudah waktu makan siang; serta satu gelas lagi sebelum tidur malam. Lanjutkan sampai gejala asam urat hilang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan baking soda untuk asam urat adalah sebagai berikut:

  • Jangan pernah mengonsumsi lebih dari 4 sendok teh baking soda sehari.
  • Karena baking soda sangat tinggi natrium, perlu juga mengurangi konsumsi garam.
  • Bagi penderita hipertensim atau diduga hipertensi; sebelum minum larutan baking soda sebagiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Baca juga   Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Ini masalahnya; obat asam urat alami ini hanya efektif selama serangan yang sebenarnya, dan tidak boleh diambil ketika ingin benar-benar sembuh dari asam urat. Tetapi, bahkan ketika sudah bebas dari serangan asam urat, harus terus dipastikan bahwa kadar asam urat tidak naik lagi dan menyebabkan serangan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image