Penggunaan Asam Hialuronat Untuk Obat Asam Urat

 

 

Ada banyak perhatian diberikan pada asam hialuronat untuk kesehatan sendi yang optimal. Akhir-akhir ini, sering menjadi pertanyaan pada banyak orang tentang apakah penggunaan asam hialuronat untuk obat asam urat efektif atau tidak. Biasanya asam hialuronat digunakan dalam perawatan anti-penuaan (anti-aging) dan perawatan kulit.

Di balik penggunaan asam hialuronat untuk obat asam urat ini adalah karena asam ini ditemukan secara alami di dalam jaringan ikat sendi. Jaringan ini bertanggung jawab untuk melindungi dan melumasi mereka untuk fungsi yang lebih baik. Jadi dengan menggunakan perawatan asam hialuronat berarti menambahkan pertahanan sendi yang diproduksi sendiri secara alami.

Efektifitas Penggunaan Asam Hialuronat Untuk Obat Asam Urat

Asam hialuronat adalah zat yang terjadi secara alami di dalam glikosaminoglikan tubuh (komponen struktural utama tulang rawan). Ini ditemukan di sebagian besar area di mana masalah sendi dapat terjadi. Misalnya di lutut, buku jari, bahu, siku, pinggul, dan bahkan ditemukan di mata dan katup jantung.

Abnormalitas pada asam hialuronat banyak dijumpai pada berbagai jenis gangguan jaringan ikat. Seperti berbagai bentuk artritis, TMJ (temporomandibular joint disorder = gangguan sendi temporomandibular), serta asam urat.

Asam hialuronat sekarang digunakan sebagai persiapan untuk mengobati peradangan yang dapat terjadi pada sendi tulang. Ini juga membantu untuk memerangi keausan struktur tulang rawan seperti yang khas pada banyak penyakit sendi.

Penggunaan asam hialuronat untuk obat asam urat dianggap lebih bermanfaat bagi banyak orang daripada perawatan obat umum lainnya, seperti kortison. Kortison, meskipun efektif dalam jangka pendek untuk menghilangkan rasa sakit gout, dapat mempercepat proses degeneratif dari banyak penyakit sendi seperti osteoartritis dari waktu ke waktu, jadi mungkin bukan obat gout yang ideal dalam jangka panjang.

Baca juga   Cara Menghentikan Serangan Asam Urat

Selama persiapan asam hialuronat murni itu sering bebas dari efek samping negatif, namun penderita yang alergi harus menghindari perawatan ini. Efek samping yang paling umum dilaporkan adalah ruam ‘cacar air seperti’.

Asam hialuronat bekerja secara efektif untuk mengatasi peradangan yang terkait dengan gout dan kondisi radang sendi lainnya. Sediaan sebagai obat asam urat dapat diterapkan baik sebagai suntikan ke sendi yang terkena, diambil sebagai suplemen oral atau dalam bentuk krim yang digosokkan ke kulit pada daerah yang terkena.

Cara Penggunaan Asam Hialuronat

Ada beberapa cara penggunaan asam hialuronat: krim oles, suplemen oral atau melalui suntikan (injeksi). Jika penderita memilih untuk menggunakan krim asam hialuronat, diperlukan waktu antara 10 – 45 menit untuk reda dari nyeri asam urat. Krim ini dapat dioleskan setiap hari sesuai kebutuhan selama serangan. Suplemen asam hialuronat dapat diminum setiap hari sebagai pencegahan. Sedangkan suntikan biasanya hanya diberikan selama serangan yang sebenarnya.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait penggunaan asam hialuronat untuk obat asam urat sebaiknya hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image