Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

 

 

Mengetahui daftar pantangan asam urat dan kolesterol adalah sesuatu yang mutlak, terutama bagi mereka yang beresko tinggi menderita penyakit asam urat dan kolesterol. Menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan tersebut adalah tindakan prevetif agar penyakit asam urat dan kolestrol tidak semakin parah. Pada kondisi yang akut, menghindari pantangan saja tidak cukup, harus juga dibarengi dengan pengobatan medis untuk mempercepat turunnya kadar zat purin dan kolesterol.

Daftar Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Berikut ini adalah daftar makanan yang merupakan pantangan penyakit asam urat dan kolesterol:

pantangan asam urat dan kolesterol

  1. Jerohan. Semua jenis jerohan: hati,  babat, ampela, limpa, ginjal, dsb.; adalah makanan yang mengandung kadar zat purin dan kolesterol jahat atau lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein atau LDL) sangat tinggi. Sehingga mutlak harus dihindari oleh penderita asam urat dan kolestrol.
  2. Alkohol. Khususnya bagi penderita penyakit asam urat, konsumsi alkohol harus dihindari. Alkohol dapat dapat memicu tubuh meningkatkan produksi asam urat sekaligus membuat tubuh kesulitan membuang asam urat itu. Alkohol juga mampu meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.
  3. Daging merah. Daging merah mempunyai kandungan zat purin dan  kolesterol yang cukup tinggi. Meskipun bukan dihindari secara mutlak, konsumsinya harus dibatasi karena bagaimanapun daging merah merupakan salah satu sumber protein hewani yang diperlukan tubuh.
  4. Beberapa makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, lobster dan cumi-cumi mengandung kadar zat purin dan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu makanan laut tersebut sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit asam urat dan kolesterol.

Pantangan Asam Urat dan Kolesterol yang Bersifat Terbatas

Di samping pantangan asam urat dan kolesterol yang bersifat mutlak sebagaimana tersebut di atas, berikut ini adalah pantangan yang boleh dikonsumsi namun bersifat terbatas dan terukur. Artinya, jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kadar purin dan kolesterol di dalam darah. Pantangan-pantangan yang bersifat terbatas adalah sebagai berikut:

  1. Tahu, tempe, kecap, serta semua produk olehan kacang kedelai.
  2. Daging unggas.
  3. Oatmeal dan sereal.
  4. Ikan salmon, bawal dan belut.
  5. Mentega, susu dan keju; yang termasuk ke dalam golongan lemak jenuh.
Baca juga   Pantangan Asam Urat

Dengan mengetahui pantangan asam urat dan kolesterol sekaligus konsisten menghindarinya akan sangat membantu proses penyembuhan. Apalagi jika dibarengi dengan terapi asam urat secara alami; serta jika sudah akut boleh sekaligus dengan pengobatan medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image