Obat-obatan Untuk Terapi Asam Urat Akut

 

 

Serangan asam urat secara tiba-tiba bisa berlangsung hingga 3 (tiga) jam. Serangan berikut minggu, bulan, dan tahun kemudian jika akar serangan tidak ditangani. Serangan asam urat yang berulang menyebabkan kerusakan parah pada persendian, jaringan dan ginjal. Obat-obatan untuk terapi asam urat akut ditentukan sesuai dengan keparahan kondisi pada saat diagnosis. Selain itu, pasien mungkin memiliki kondisi medis lain yang ada yang menyulitkan terapi asam urat. Namun, dengan kepatuhan pasien, terapi asam urat dapat berhasil tanpa komplikasi.

Penyedia layanan medis akan segera menerapkan terapi asam urat akut untuk menghentikan serangan. Langkah pertama adalah menghilangkan rasa sakit dan peradangan secara cepat dan aman serta untuk mencegah komplikasi lebih lanjut, misalnya pembentukan tophi.

obat-obatan untuk terapi asam urat akutObat-obatan untuk terapi asam urat akut sering memerlukan sistem pengobatan yang ketat bersama dengan modifikasi gaya hidup. Secara khusus, selama terapi asam urat akut, penyedia layanan medis akan meresepkan obat tertentu sekaligus merekomendasikan rencana makan sehat yang membantu mengurangi tingkat produksi dan asupan purin.

Beberapa Obat-obatan Untuk Terapi Asam Urat Akut

Berikut ini adalah beberapa ubat-obatan untuk terapi asam urat akut:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Obat ini awalnya diresepkan dengan dosis maksimum dan dikurangi sampai gejala mereda. Obat ini untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, setidaknya selama 48 jam.
  • Kolkisin. Kolkisin digunakan untuk mengobati serangan asam urat akut sekaligus mencegah serangan berikutnya, meskipun tidak efektif untuk menyembuhkan asam urat atau menurunkan kadar asam urat. Obat ini  diresepkan untuk mencegah atau meringankan sakit/nyeri asam urat serta mengurangi peradangan.
  • Kortikosteroid atau hormon adrenokortikotropik. Obat ini yang digunakan untuk pasien yang tidak dapat menggunakan OAINS atau kolkisin. Kortikosteroid atau hormon adrenokortikotropik digunakan untuk asam urat akut sebagai suntikan intramuskuler (dosis harian).
Baca juga   Pendekatan Baru untuk Pengobatan Asam Urat

Menggunakan obat-obatan  tersebut dibarengi dengan gaya hidup sehat sangat efektif mengurangi risiko komplikasi lebih lanjut yang mungkin terjadi dari serangan asam urat akut yang tidak diobati. Penderita penyakit asam urat harus makan makanan sehat yang meliputi makanan berkadar purin rendah dan asupan cairan yang cukup. Perawatan asam urat akut akan berhasil jika ada kepatuhan total dengan rencana perawatan yang rekomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image