Meringankan Rasa Sakit Asam Urat Tanpa Minum Obat

 

 

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat dalam persendian. Sistem kekebalan bereaksi terhadap kristal-kristal ini karena dianggap sebagai serangan dari luar. Akibatnya sendi akan terasa nyeri dan meradang. Jika sudah demikian biasanya akan segera minum obat pereda nyeri. Namun konsumsi obat kimiawi dalam waktu lama tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu perlu cara meringankan rasa sakit asam urat tanpa minum obat.

Dokter akan menentukan seseorang mengalami serangan asam urat setelah melalui test darah. Jika seseorang positif menderita penyakit asam urat dokter akan meresepkan obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) untuk menghilangkan rasa nyeri. Biasanya dokter juga meresepkan obat semacam Allopurinol yang merupakan obat antiinflamasi untuk menghambat pembentukan asam urat.

Cara Meringankan Rasa Sakit Asam Urat Tanpa Minum Obat

meringankan rasa sakit asam uratMenemukan cara pengobatan untuk nyeri asam urat tanpa minum obat sangat penting. Penderita asam urat biasanya diresepkan beberapa jenis obat yang dalam jangka panjang kemungkinan memiliki efek samping negatif. Menemukan kombinasi alami cara untuk membantu meringankan rasa sakit asam urat tanpa minum obat akan bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus minum obat:

1. Olahraga teratur.

Nasihat medis terbaru mendukung teori bahwa olahraga teratur efektif meredakan rasa sakit dan nyeri asam urat. Olahraga akan memberi nutrisi tulang rawan sendi sekaligus  membuang produk limbah. Olahraga juga memperkuat otot di sekitar sendi. Otot yang lebih kuat akan mendukung persendian yang kuat, sehingga lebih tahan ketika nyeri asam urat menyerang.

2. Kompres pada sendi yang bengkak.

Jika asam urat tiba-tiba menyerang boleh mengompres area sendi yang terserang dengan kompres dingin. Gunakan air es untuk mengompres selama 10-15 menit.

Baca juga   Obat-obatan Untuk Terapi Asam Urat Akut

3. Gerak-gerakkan sendi yang sakit dengan lembut.

Tetap menggerakkan sendi yang sakit akan mencegah sendi menjadi kaku. Sendi yang kaku akan lebih sakit jika digerakkan.

4. Minumlah air yang cukup.

Minum cukup air putih, jus buah/sayuran atau teh hijau setiap hari akan meringankan rasa sakit asam urat. Cairan akan menjaga urine tetap encer untuk membantu tubuh mengeluarkan kelebihan asam urat. Minumlah jus lemon tanpa gula karena lemon akan merangsang pembentukan kalsium karbonat dalam tubuh. Kalsium karbonat berfungsi untuk menetralkan asam urat.

6. Jangan minum aspirin.

Jika rasa sakit tidak tertahankan, jangan minum aspirin untuk meredakannya. Aspirin dapat meningkatkan kadar asam urat. Hanya gunakan ibuprofin atau paracetamol.

7. Minum larutan soda kue.

Campurkan 1 sdt soda kue ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian minum. Soda kue akan membantu mengalkalisasi tubuh sehingga mencegah serangan asam urat.

8. Konsumsi kapsul minyak ikan.

Konsumsi 2 gram kapsul minyak 2 kali per hari. Minyak ikan akan membantu mengurangi kemungkinan radang asam urat.

9. Konsumsi suplemen vitamin C.

Vitamin C di samping bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga efektif untu menurunkan asam urat. Konsumsi vitamin C untuk asam urat gunakan suplemen vitamin C 1000 mg secara teratur sesuai petunjuk dan aturan minum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image