Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

 

 

Tahukah Anda, manfaat daun kelor untuk asam urat? Kelor (Moringa oleifera) adalah tumbuhan dari suku Moringaceae. Kelor tinggi batang 7—11 meter. Daun kelor berukuran kecil-kecil, bersusun majemuk dalam satu tangkai, berbentuk bulat telur. Daun kelor sendiri banyak dimanfaatkan untuk sayuran serta sebagai obat herbal. Bunga kelor berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Tumbuhan kelor berbunga sepanjang tahun. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kelor)

Sudah sejak lama daun kelor dikenal sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa aktif yaitu flovonoid dan alkoloid yang mampu mencegah proses pembentukan kristal asam urat. Daun kelor juga sebagai pereda rasa sakit (analgesik) dan mencegah peradangan (anti-inflamasi).

Baca juga   Normal Asam Urat

Uraian tentang manfaat daun kelor untuk asam urat berikut ini  hanyalah satu dari sekian banyak cara-cara alami atau pengobatan asam urat secara herbal dan tradisional. Salah satu kelebihan cara herbal adalah relatif lebih aman untuk  jangka penjang. Karena bersifat herbal, tidak perlu khawatir ada residu bahan-bahan kimia yang berbahaya. Hanya saja kekurangannya adalah proses penyembuhannya yang relatif lambat.

Pemanfaatan daun kelor untuk asam urat juga efektif sebagai tindakan preventif, yaitu tindakan berjaga-jaga agar tidak terjadi serangan penyakit asam urat yang parah dan akut.

Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat: caranya sebagai berikut:

manfaat daun kelor untuk asam urat

Cara Pertama:

  • Siapkan daun kelor secukupnya.
  • Siapkan setengah batang kapur sirih.
  • Campurkan daun kelor dan kapur sirih, tumbuk hingga halus dan tercampur merata.
  • Oleskan campuran daun kelor dan kapur sirih tersebut pada anggota tubuh yang terserang asam urat.
  • Gunakan secara rutin, setidaknya 2 kali sehari.

Cara Kedua:

  • Siapkan daun kelor secukupnya. Cuci  hingga bersih.
  • Jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Tumbuk daun kelor yang sudah kering terebut hingga halus.
  • Serbuk daun kelor siap dikonsumsi dengan cara dicampurkan pada makanan atau dibuat minuman. Gunakan secara rutin,s etidaknya 2 kali sehari.
  • Serbuk daun kelor tersebut dapat disimpan pada wadah tertutup rapat.

Demikianlah uraian singat tentang manfaat daun kelor untuk asam urat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image