Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

 

 

Bagi penderita asam urat, harus memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita asam urat untuk membantu menghilangkan gejala asam urat, sekaligus mencegah asam urat berulang. Untuk mencegah serangan asam urat berulang, karena terlalu banyak serangan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen, bahkan masalah ginjal. Penyebab serangan asam urat  adalah kristal mikroskopis seperti asam urat di sendi dan jaringan ikat. Dan ini dapat terbentuk ketika seseorang memiliki kadar darah asam urat tinggi.

Dari mana asalnya asam urat? Ini diproduksi sebagai produk sampingan dari pemecahan senyawa kimia dalam tubuh yang disebut purin. Tapi ada satu hal, selain hadir di dalam tubuh, purin juga ada dalam makanan yang dimakan. Masalahnya adalah bahwa makanan yang berbeda memiliki kadar kadar purin yang berbeda. Penderita harus mampu mengidentifikasi jenis-jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat, yaitu makanan yang mengandung purin tinggi.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat?

makanan yang harus dihindari penderita asam uratAturan umum adalah bahwa makanan purin tinggi adalah makanan yang tinggi protein. Tapi itu umumnya benar, jadi harus mengetahui daftar lengkap makanan ‘asam urat’ yang harus dihindari, dan makanan yang relatif rendah purin yang dapat membentuk bagian dari diet asam urat.

Berikut adalah beberapa makanan purin tinggi yang harus dihindari::

Daging merah berlemak, daging organ, daging cincang, ekstrak daging, gravies, beberapa jenis ikan, kerang, daging unggas, kacang-kacangan, ekstrak ragi dan ragi. Dan meskipun bukan makanan, harus menghindari minuman beralkohol, terutama bir yang dikenal sebagai pemicu serangan asam urat.

Dan inilah makanan yang masuk akal untuk diet asam urat yang bisa dikonsumsi:

Produk susu rendah lemak, makanan vitamin C tinggi, karbohidrat kompleks, asam lemak esensial, sayuran berdaun hijau. dan buah-buahan. Di samping itu juga disarankan minum banyak air, setidaknya 3 liter per hari.

Baca juga   Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Sekarang, bahkan di dalam kelompok makanan ini, ada variasi dalam konten purin – lihat sayuran di atas, dan beberapa ikan lebih buruk daripada yang lain, beberapa unggas lebih buruk daripada yang lain, dan sebagainya.

Bukan hanya itu, tetapi karena metabolisme setiap orang agak berbeda, beberapa penderita asam urat dapat makan makanan tertentu tanpa masalah. Namun sebagian orang yang lain dapat makan makanan yang sama dan menderita serangan asam urat. Anda perlu mencari tahu di mana posisi Anda saat ini.

Dan tentu saja ini hanya diet, penderita asam urat juga perlu mempertimbangkan masalah lain yang dapat meningkatkan risiko asam urat. Diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, berat badan, riwayat keluarga, obat-obatan serta segala kondisi medis yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image