Makanan Penyebab Asam Urat

 

 

Penyakit asam urat atau gout adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan peradangan, rasa sakit, nyeri dan pembengkakan sendi. Ini sebagian besar mempengaruhi sendi tungkai bawah tubuh, seperti jari kaki, tumit, pergelangan kaki dan lutut, tetapi juga dapat mempengaruhi sendi tubuh bagian atas. Gout terkadang mempengaruhi kulit dan jaringan lunak seperti otot dan tendon, menyebabkan pembengkakan dan rasa kaku. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya dan perkembangan asam urat, seperti kecenderungan genetik terhadap penyakit, insufisiensi ginjal, diet yang tidak tepat dan kurangnya olahraga yang tepat. Di antara semua pemicu asam urat tersebut, jumlah dan jenis makanan penyebab asam urat yang dikonsumsi tampaknya memainkan peran yang sangat penting.

Apa Saja Makanan Penyebab Asam Urat?

Makanan penyebab asam urat adalah makanan yang kaya akan lemak jenuh dan purin, sehingga berkontribusi terhadap sekresi asam urat yang berlebihan. Di antara makanan itu, yang paling berbahaya dianggap daging merah dan beberapa ikan. Daging sapi, babi, domba, dan makanan laut harus dihindari ketika menderita asam urat. Orang sehat pun harus mengontrol asupan makanan tersebut untuk mencegah terkena asam urat. Makanan lain seperti daging ayam, susu rendah, biji-bijian, sayuran hijau dan buah-buahan ditoleransi dengan baik di antara orang yang menderita asam urat.

Untuk memperbaiki gejala asam urat tinggi, makanan penyebab asam urat harus dikeluarkan dari menu diet. Juga, konsumsi alkohol harus dikurangi karena meningkatkan kadar asam urat. Merokok juga dapat memperparah gejala asam urat, memperlambat proses penyembuhan alami dan mengganggu sirkulasi darah yang tepat.

Dengan minum banyak air akan membantu tubuh menghilangkan kelebihan asam urat. Sangat disarankan untuk minum setidaknya 2 (dua) liter air setiap hari. Selain itu, cobalah untuk mengurangi jumlah lemak jenuh dari menu diet dan makan lebih banyak makanan kaya karbohidrat seperti sereal, pasta, dan roti. Konsumsi banyak buah sangat disarankan. Hal ini karena buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Buah-buahan seperti apel, jeruk, nektarin, dan lemon harus menjadi bagian dari menu harian Anda.

Baca juga   Cara Menghentikan Serangan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image