Jenis Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

 

 

Beberapa kondisi berbeda dapat menyebabkan radang sendi, atau radang sendi yang menyakitkan. Pada asam urat, masalah metabolisme dapat menyebabkan nyeri sendi karena tubuh mengalami kesulitan membuang produk limbah dalam darah yang disebut asam urat. Memilih makanan yang tepat dapat membantu mencegah atau memperbaiki gejala asam urat. Mengetahui kriteria dan jenis sayuran untuk penderita asam urat yang tepat adalah pilihan yang lebih baik untuk meminimalkan gejala.

Kriteria Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

sayuran untuk penderita asam uratBerikut ini beberapa kriteria sayuran untuk penderita asam urat:

Rendah Purin

Asam urat terbentuk ketika tubuh Anda memecah purin dalam makanan. Kadar tinggi dapat terjadi karena kelebihan asam urat, suatu masalah yang diekskresikan dalam urin atau keduanya. Ketika senyawa terakumulasi, membentuk kristal seperti jarum di jaringan sendi, akhirnya menyebabkan rasa sakit. Memilih sayuran dengan purin rendah dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi kemungkinan pembentukan kristal jika Anda menderita asam urat. Makanan rendah purin umumnya menghasilkan kurang 100 mg asam urat per 100 g makanan. Contohnya adalah mentimun, selada, kentang dan labu. Semuanya sayuran tersebut menghasilkan kurang dari 50 mg asam urat per 100 g.

Kaya Antioksidan

Kadar asam urat yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Antioksidan membantu melindungi dari radikal bebas yang dapat merusak sel. Para ahli kedokteran merekomendasikan makan makanan yang kaya antioksidan jika menderita penyakit asam urat atau gout. Contoh sayuran yang rendah purin sekaligus kaya antioksidan adalah kubis merah dan paprika merah.

Mengandung Serat yang Tinggi

Makan banyak sayuran yang mengandung serat yang tinggi sekaligus  rendah purin akan sangat bermanfaat bagi penderita gout. Serat makanan mendukung pencernaan yang baik dan dapat memperlambat penyerapan nutrisi, bermanfaat menjaga kadar asam urat. Wortel adalah salah satu jenis sayuran untuk penderita asam urat. Kandungan serat dalam wortel sekitar 3,5 gram serat dalam 1 cangkir wortel mentah cincang. Wortel juga rendah purin. Pilihan tepat lainnya adalah kangkung matang, yang memiliki 2,6 gram serat per cangkir; dan bawang mentah cincang, dengan sekitar 3 gram serat dalam 1 cangkir.

Baca juga   Terapi Asam Urat Secara Alami

Sayuran yang Harus Dihindari

Meskipun sebagian besar sayuran pada umumnya termasuk makanan rendah purin, namun beberapa sayuran cukup kaya akan purin yang boleh dimakan hanya sesekali. Contohnya adalah asparagus, kacang, lentil, jamur dan kacang polong kering. Batasi asupan sayuran ini tidak lebih dari dua porsi per minggu. Konsultasikan dengan ahli gizi tentang daftar pilihan makanan yang dapat membantu mencegah atau meminimalkan gejala gout yang diderita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image