Gejala Penyakit Asam Urat dan Penyebabnya

 

 

Gejala penyakit asam urat ditandai dengan rasa nyeri pada bagian kaki. Pada kondisi yang parah, kondisi tersebut disertai dengan rasa panas yang menyengat pada persendian dan timbulnya pembengkakan. Biasanya, gejala penyakit asam urat akan muncul pada sendi-sendi lutut, pergelangan kaki serta jari-jari kaki. Tidak jarang gejala asam urat tinggi muncul juga pada area persendian tangan.

Gejala Penyakit Asam Urat

gejala penyakit asam uratGejala asam urat tinggi biasanya ditandai dengan rasa nyeri, pembengkakan dan rasa panas di persendian. Berikut ini adalah gejala penyakit asam urat yang harus diwaspadai oleh kalangan yang berpotensi menderita penyakit asam urat:

  1. Nyeri sendi yang disertai munculnya pembengkakan; terkadang disertai rasa kesemutan dan radang sendi yang memerah pada terlihat pada permukaan kulit.
  2. Nyeri sendi di kaki berwarna merah yang diikuti dengan rasa panas menyengat.
  3. Sendi terasa kaku, keras dan susah digerakkan.

Untuk memastikan apakah benar gejala-gejala tersebut merupakan gejala penyakit asam urat, maka penderita harus melakukan tes darah. Jika hasil tes darah menunjukkan hasil yang positif bahwa orang tersebut menderita asam urat sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang diperlukan.

Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan sebagai berikut:

  1. Obat pereda nyeri; misalnya obat-obatan dari golongan steroid.
  2. Obat pereda bengkak. Obat ini perlu diresepkan untuk menyembuhkan dan meredakan bengkak yang biasanya menyertai sakit akibat asam urat.
  3. Obat penurun asam urat, misalnya Allopurinol. Obat penurun asam urat biasanya dikonsumsi jika rasa nyeri dan bengkak sudah sembuh.

Obat-obatan tersebut harus diminum secara teratur dan sesuai petunjuk dokter. Dokter menentukan resep dan petunjuk aturan minum berdasarkan diagonsa secara mendalam terhadap pasien. Karena jika tidak bahkan memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga   Kulit Melinjo Obat Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Beberapa penyebab penyakit asam urat yang biasa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi makanan yang berkadar purin tinggi, misalnya daging organ (jerohan), kepiting, kerang dan sebagainya.
  • Minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol, terutama bir; dapat memicu munculnya serangan asam urat.
  • Efek samping obat-obatan tertentu. Beberap obat memiliki efek samping meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Kelebihan berat badan. Berat badan yang melebih ideal akan merangsang tubuh memproduksi lebih banyak asam urat. Pada kondisi demikian akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang kelebihan zat asam urat dari dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image