Diet Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

 

 

Para ahli gizi sangat merekomendasikan diet rendah purin untuk penderita asam urat karena mampu menurunkan kadar asam urat. Diet ini dirancang untuk meringankan gejala penyakit asam urat khususnya serta dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Diet rendah purin juga dapat mengurangi risiko komplikasi yang lebih parah.

Apakah Diet Rendah Purin?

diet rendah purinPurin adalah senyawa organik yang dalam jumlah normal bersifat tidak merugikan. Secara alami tubuh mengandung beberapa purin setiap saat. Namun, purin terurai menjadi zat limbah yang disebut asam urat. Kebanyakan asam urat larut dalam darah sebelum ginjal menyaringnya dan mengeluarkannya dari tubuh.

Pemecahan purin terjadi sekitar 15% asam urat dalam tubuh. Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses tubuh akan membentuk kristal dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit asam urat, batu ginjal, dan masalah kesehatan lainnya. Diet rendah purin membantu meminimalkan jumlah purin dalam tubuh dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan yang harus dihindari adalah semua makanan yang mengandung purin tingkat tinggi, di antaranya adalah:

  • Semua jenis jerohan (daging organ), misalnya hati, ginjal, jantung, paru-paru dsb.
  • Daging merah
  • Beberapa makanan laut, termasuk tuna, sarden, ikan teri, herring, kerang, dan cumi-cumi.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat dalam jumlah terbatas:

  • Makanan tinggi lemak; karena lemak mengandung asam urat. Lemak di sini termasuk minyak goreng, produk susu penuh lemak, serta makanan tinggi lemak lainnya.
  • Minuman beralkohol, termasuk bir dan wiski. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar asam urat. Di samping itu alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.
  • Minuman mengandung fruktosa. Fruktosa adalah bahan dalam banyak minuman manis, termasuk jus buah dan soda. Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis yang mengandung fruktosa membuat seseorang lebih berisiko terkena serangan asam urat.

Makanan yang Boleh Dimakan

Orang yang menjalani diet rendah purin masih bisa menikmati banyak makanan dan minuman, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Air putih. Cukup minum air putih menjadikan tubuh tetap terhidrasi serta membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan asam urat.
  • Produk susu rendah lemak dan produk olahannya, termasuk keju dan yogurt.
  • Biji-bijian dan produk olahannya. Ini termasuk roti, mie/pasta, nasi, dan kentang.
  • Sayuran dan buah-buahan. Hampir semua sayuran boleh dikonsumsi oleh pendrita asam urat. Untuk mengkonsumsi buah, boleh dimakan begitu saja atau dibuat jus tanpa tambahan gula.
  • Vitamin C. Sumber vitamin C yang baik termasukjeruk, nanas, dan stroberi.
  • Kopi dan teh; sebisa mungkin tanpa tambahan gula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image