Ciri-ciri Asam Urat Tinggi Yang Harus Diketahui

 

 

Ciri-ciri asam urat tinggi harus diketahui oleh orang-orang yang beresiko menderita asam urat. Dengan mengetahui ciri-cirinya maka akan lebih mudah dilakukan pengobatan sebelum penyaki asam urat menjadi parah. Dosis pengobatan pun bisa mulai dari yang paling rendah. Dalam artikel ini akan diuraikan ciri-ciri asam urat tinggi. 

ciri asam urat tinggi

Ciri-ciri asam urat tinggi adalah sebagai berikut:

  • Ciri asam urat tinggi yang paling awal dirasakan adalah rasa nyeri pada persendian kaki. Namun banyak orang terkecoh, terutama orang-orang tua; antara nyeri karena asam urat atau karena rematik. Untuk meyakinkan harus dilakukan tes darah.
  • Kaki terasa panas seperti terbakar. Rasa panas terbakar bermula pada satu bagian kemudian menjalar ke seluruh bagian kaki; terkadang hanya muncul selama beberapa saat saja.
  • Purin yang menumpuk pada suatu persendian mengakibatkan daerah sendi tersebut menjadi bengkak dan kemerahan. Persendian yang bengkak dan kemerahan merupakan bagian penting dari ciri-ciri asam urat tinggi.
  • Pada kondisi yang sangat parah, persendian sangat sulit digerakkan.Jika hal ini dirasakan oleh penderita asam urat, merupakan indikasi harus segera dilakukan langkah-langkah pengobatan supaya tidak menjadi semakin parah.
  • Demam.
  • Kesemutan.
  • Jaringan pada sendi terasa mengeras.

Stadium Penyakit Asam Urat

Setelah kita mengetahui ciri-ciri asam urat tinggi, berikut ini adalah stadium penyakit asam urat:

  1. Stadium asimptomatik. Pada stadium penderita hanya merasakan lelah, tanpa gejala lain yang spesifik.
  2. Stadium akut. Pada stadium akut, penderita merasakan nyeri sendi pada satu bagian yang semakin lama semakin menyebar ke bagian lainnya. Pada malam hari penderita penyakit asam urat merasakan kelelahan dan demam.
  3. Stadium interkritikal. Pada stadium interkritikal ciri asam urat tinggi sangat kelihatan dengan ditandai dengan peradangan pada bagian sendi. Peradangan ini disebabkan karena menumpuknya zat purin pada persendian.
  4. Stadium kronis. Pada stadium ini, deposit kristal asam urat – atau biasa disebut sebagai tofi; menyebar ke area sendi dan tulang rawan. Persendian yang sudah mengalami tofi akan rusak. Jika ciri asam urat tinggi sudah muncul pada stadium kronis maka akan berpotensi terbentuknya batu pada saluran kencing yang berpotensi munculnya penyakit batu ginjal.
Baca juga   Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image