Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Medis

 

 

Cara menyembuhkan asam urat secara medis selalu terkait dengan pengobatan secara kimiawi. Proses ini biasa dilakukan oleh tenag-tenaga medis, misalnya oleh dokter. Pada kondisi penyakit asam urat yang realtif parah dan akut, penyembuhan asam urat secara medis mutlak diperlukan. Hal ini diperlukan untuk menghindari timbulnya efek negatif asam urat yang sangat merugikan kesehatan secara lubih luas.

Tahapan Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Medis

cara menyembuhkan asam urat secara medis

Biasanya, secara medis dikenal ada 3 (tiga) tahapan untuk proses penyembuhan penyakit asam urat. Tahapan-tahapan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tahap awal adalah proses menghilangkan rasa sakit akibat penyakit asam urat. Pada tahap ini biasanya dokter meresepkan obat-obatan sejenis analgesik yang disesuaikan dengan tingkat rasa sakit yang sedang dialami penderita.
  2. Bersamaan dengan proses di atas, juga dilakukan pengobatan radang dan pembengkakan sendi akibat asam urat. Dokter biasanya meresepkan obat sejenis nonsteroidal antiinflammatory drugs.
  3. Tahapan ke tiga baru bisa diterapkan jika penderita sudah tidak merasakan nyeri dan peradangan/pembengkakan sendi sudah sembuh. Pada tahap ini merupakan proses penurunan kadar asam urat di dalam darah, yang bersifat berkesinambungan. Secara teknis, proses ini dilakukan dengan cara meningkatkan pembuangan timbunan zat purin melalui urine sekaligus mencegah tubuh untuk memproduksi zat asam urat. Obat yang biasa digunakan untuk meningkatkan pembuangan asam urat adalah sejenis probenesid dan sulfinpyrazone. Sedangkan obat untuk mencegah tubuh memproduksi asam  urat adalah allopurinol.

Yang Perlu Diperhatian Terkait Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Medis

Hal penting yang [erlu diperhatikan pada penyembuhan asam urat secara medis adalah efek samping dari penggunaan obat-obat kimiawi. Efek samping yang biasa muncul karena penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang dan tidak terkontrol adalah potensi terbentuknya batu ginjal dan kerusakan liver. Untuk meminimalkan efek samping tersebut penggunaan obat-obatan terkait dengan penyembuhan asam urat harus dalam pengawasan dokter. Dokter akan menentukan dosis penggunaan obat-obatan sesuai dengan seberapa kadar asam urat normal di dalam darah; yang ditunjukkan oleh hasil tes kadar asam urat.

Baca juga   Pengobatan Homeopati untuk Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image