Cara Mengobati Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

 

 

Jika penderita penyakit asam urat konsisten untuk diet rendah purin maka cara mengobati asam urat agar tidak kambuh lagi bukanlah sesuatu yang sulit. Karena pada dasarnya gangguan asam urat muncul jika kadar purin di dalam darah seseorang melebihi ambang batas yang dianjurkan. Zat purin yang terakumulasi pada persendian akan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat pada persendian itu, biasanya di area kaki.

Rasa sakit pada persendian tersebut karena pada dasarnya zat purin itu seperti kristal yang tajam. Kristal tersebut bisa melukai pembuluh darah. Oleh karena itu penderita asam urat sebaiknya menghindari terapi pijat karena malah akan memperparah rasa sakit yang dalami.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Herbal

cara mengobati asam uratCara mengobati asam urat secara herbal adalah salah satu yang sangat disarankan. Terutama pada penderita asam urat yang tidak terlalu parah. Cara ini relatif lebih aman, baik untuk pencegahan maupun pengobatan; karena meminimalkan asupan zat-zat kimia ke dalam tubuh yang dikhawatirkan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Beberapa cara mengobati asam urat secara herbal adalah sebagai berikut:

  • Memperbanyak minum air putih. Air putih yang masuk ke dalam tubuh akan melarutkan zat purin dan membuang bersama urin.
  • Minum air rebusan daun salam (Syzygium polyanthum).Penggunaan daun salam sebagai obat karena kandungan minyak esensial dengan komponen penting eugenol dan methyl chavicol di dalamnya (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Salam_(tumbuhan)). Cara membuat air rebusan daun salam untuk mengobati asam urat adalah merebus 10 lembar daun salam ke dalam 2 (dua) gelas air. Biarkan air rebusan hingga tersisa 1 (satu) gelas air. Minum air rebusan tersebut 1-2 kali setiap hari; setidaknya selama 1 (satu) bulan.
  • Minum air rebusan daun sirsak (Annona muricata L.). Cara membuat air rebusan daun sirsak untuk mengobati asam urat adalah merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil. Potongan daun sirsak tersebut kemudian rebus ke dalam 2 (dua) gelas air. Biarkan air rebusan hingga tersisa 1 (satu) gelas air. Minum air rebusan tersebut secara teratur setiap pagi dan malam hari.
  • Serbuk daun kelor (Moringa oleifera). Cara membuat serbuk daun kelor adalah dengan menjemur daun di bawah sinar matahari sampai kering. Daun kelor yang sudah kering kemudian ditumbuk sampai halus, siap dikonsumsi dengan dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.
Baca juga   Makanan Penyebab Asam Urat

Cara Mengobati Asam Urat Secara Medis

Bagi penderita penyakit asam urat akut, cara mengobati secara medis adalah pilihan yang tidak bisa dihindari. Obat-obatan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengobati asam urat adalah kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Efek samping yang biasa dialami karena penggunaan obat-obat tersebut biasanya timbulnya gangguan pencernaan. Untuk meminimalkan efek samping tersebut biasanya dokter juga meresepkan obat lain sebagai pencegah efek samping yang mungkin timbul.

Cara mengobati asam urat secara medis memang lebih cepat dirasakan hasilnya, tapi tidak dianjurkan untuk terapi jangka panjang. Efek samping penggunaan obat asam urat dalam jangka waktu lama adalah kulit mudah memar, otot terasa lemas, penipisan tulang, serta kenaikan berat badan.

Demikianlah, cara mengobati asam urat agar tidak kambuh lagi adalah dengan pengobatan herbal atau medis, sekaligus melakukan diet rendah purin secara konsisten.

1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image