Cara Menghentikan Serangan Asam Urat

 

 

Salah satu penyakit yang menyakitkan adalah serangan asam urat. Jika Anda terbangun pada malam hari karena sendi bengkak, merah dan panas yang memancar, kemungkinan Anda terkena serangan asam urat. Jika Anda tahu cara menghentikan serangan asam urat, Anda tidak perlu panik jika penyakit asam urat menyerang dengan tiba-tiba.

Beberapa Cara Menghentikan Serangan Asam Urat

Berikut ini beberapa cara menghentikan serangan asam urat:

  • Pertolongan pertama asam urat adalah minum obat pereda nyeri untuk meredakan nyeri yang menyerang. Mulai pengobatan segera dengan paracetamol, ibuprofen atau naproxen yang dijual bebas. Tetapi jangan pernah menggunakan aspirin, yang justru dapat memperburuk serangan. Dokter biasanya meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Jika Anda sudah minum obat penurun asam urat untuk mengurangi risiko serangan, teruskan mengonsumsi obat itu melalui serangan ini.
  • Mengompres sendi yang terkena serangan asam urat dengan es dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Bungkus es dengan menggunakan kain kemudian tempelkan ke area sendi yang sakit selama 20-30 menit secara teratur beberapa kali sehari.
  • Minum banyak cairan. Tetap terhidrasi membantu menghilangkan asam urat sekaligus mencegah batu ginjal yang merupakan masalah lain yang mungkin terkait dengan tingginya kadar asam urat. Usahakan mengonsumsi setidaknya 8-16 gelas air putih per hari.
  • Hindari minuman beralkohol. Sangat penting untuk menghindari minuman beralkohol, terutama bir, yang mengandung kadar purin tinggi. Tubuh menciptakan asam urat ketika metabolisme purin. Selain itu, alkohol menghambat ekskresi asam urat dari tubuh Anda.
  • Mengangkat kaki Anda dengan bantal agar lebih tinggi dari dada Anda dapat membantu mengurangi pembengkakan. Jika berjalan sebaiknya menggunakan tongkat yang dapat membantu menjaga sendi dari tekanan berat badan.
  • Hubungi dokter Anda. Biarkan dokter Anda tahu apa yang sedang terjadi segera. Dia mungkin meresepkan obat baru atau meminta Anda datang ke kantor untuk tes cairan sendi (untuk mengkonfirmasi diagnosis asam urat) atau suntikan kortikosteroid untuk mulai meredakan peradangan dengan cepat. Mendapatkan perawatan dalam 24 jam pertama dimulainya serangan dapat mengurangi panjang dan tingkat keparahannya.
Baca juga   Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image