Bagaimana Air Dapat Meredakan Penyakit Asam Urat?

 

 

Air dapat meredakan penyakit asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan di masa depan. Namun demikian, air bukanlah satu-satunya cara yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Air akan menjaga tubuh terhidrasi. Hal ini sangat penting bagi mereka yang rentan mengalami asam urat atau menderita penyakit kronis lainnya.

Fakta Air Dapat Meredakan Penyakit Asam Urat

Minum banyak air akan membantuk meredakan penyakit asam urat. Hal ini bisa terjadi karena:

  • air akan melumasi persendian;
  • air akan membilas asam urat yang berlebihan dari tubuh; dan
  • air akan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Dehidrasi akan berakibat buruk fungsi ginjal, yang dapat menyebabkan penumpukan asam urat. Penumpukan asam urat akan berpotensi mengakibatkan batu ginjal, infeksi ginjal, dan bahkan gagal ginjal. Dehidrasi dapat terjadi karena tingginya konsumsi alkohol dan minuman berkafein termasuk kopi, teh, dan soda. Karena itu, jika Anda mengkonsumsi minuman dehidrasi, pastikan untuk memerangi minuman ini dengan air.

Untuk memastikan Anda mendapatkan cukup air setiap hari untuk mencegah dan menghilangkan gejala penyakit asam urat, disarankan minum setidaknya 12 gelas setiap hari. Minuman hidrasi lain yang dapat Anda sertakan dalam asupan cairan harian adalah teh tanpa kafein dan jus buah. Namun, pastikan konsumsi air Anda lebih tinggi dari minuman lain.

Hidroterapi untuk Penyakit Asam Urat

Hidroterapi untuk penyakit asam urat dapat diberikan dengan dua cara.

1. Hidroterapi Kontras

Kristal urat pada persendian dapat larut selama serangan asam urat dengan menerapkan kompres panas dan dingin. Bentuk hidroterapi ini juga membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Hidroterapi kontras melibatkan pemberian kompres panas ke sendi yang terkena selama 3 menit, melepaskan kompres ini dan segera menerapkan kompres dingin selama 30 detik.

Baca juga   Gejala Asam Urat Tinggi

Sesi hidroterapi kontras untuk penyakit asam urat harus berlangsung tidak lebih dari 20 menit. Yang terbaik adalah menunggu setidaknya satu jam sebelum perawatan berikutnya. Akhiri terapi ini dengan kompres dingin.

2. Hidroterapi Standar

Air dapat meredakan penyakit asam urat dengan hidroterapi standar. Terapi ini dengan cara merendam seluruh atau sebagian tubuh dalam air hangat sekitar 35 derajat celcius. Air hangat meredakan stres dari persendian karena memberikan perasaan tanpa bobot yang menciptakan sensasi rileks. Daya apung dalam  air hangat membantu meringankan rasa sakit asam urat dan mengurangi kejang otot.

Air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan gelembung-gelembung pemijatan yang dibuat oleh pembuluh-pembuluh darah melebar. Ini menyebabkan sirkulasi meningkat dan memungkinkan darah membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ini membantu meredakan penyakit asam urat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CAPTCHA Image

Reload Image